Bentuk kerjasama IBEKA dengan Jepang (ODA) adalah IBEKA ditunjuk sebagai pelaksana dari bantuan Hibah Skala Kecil. Meskipun skala bantuan hibah ini relatif kecil (kurang dari US$100.000), tetapi dana ODA ini dapat diberikan secara langsung kepada masyarakat atau melalui LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Sistem ini sangat efektif karena pengadaannya fleksible dan bermanfaat langsung bagi masyarakat. LSM dan masyarakat mengemban tanggung jawab untuk menggunakan dana ini dengan baik dan tepat guna berdasarkan kebutuhan masyarakat seperti air bersih, listrik, perbaikan sekolah, dan lain-lain.

Rasio elektrifikasi Indonesia relatif rendah (54%), hal ini menyebabkan banyak daerah belum mendapatkan listrik dan masyarakatnya masih banyak yang hidup dalam kegelapan. IBEKA telah lama bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk membangun pembangkit listrik tenaga air skala kecil (mikrohidro) dan mengerakkan mereka untuk meningkatkan taraf kehidupannya.

Pada tahun 1996, IBEKA menerima bantuan hibah kecil dari Pemerintah Jepang untuk membangun pembangkit listrik tenaga air skala kecil di Simanau, Solok, Sumatera Barat. Dalam bantuan hibah ini, IBEKA bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk merencanakan dan membangun pembangkit listrik tenaga air berskala kecil. Bantuan ini juga memberikan pelatihan bagaimana cara mengelola pembangkit listrik tersebut. Melalui proses ini masyarakat desa mengembangkan kemampuan mereka untuk mengelola dan memelihara pembangkit listrik tenaga air skala kecil secara mandiri. Di samping itu, masyarakat setempat dapat menggunakan air untuk irigasi dan hasil penjualan kelebihan listrik kepada PLN digunakan untuk membangun klinik dan meningkatkan infrastruktur lokal lain. Saat ini pembangkit listrik tersebut masih berfungsi maksimal dan menjadi sumber penghasilan yang penting bagi masyarakat setempat. Sementara bantuan ODA Japan mendukung pembangunan infrastruktur skala besar seperti pembangkit listrik, jalan dan jalur untuk meningkatkan kegiatan ekonomi, proyek skala kecil di daerah pedesaan seperti pembangkit listrik tenaga air skala kecil, pembangunan jembatan kecil di desa, penyediaan sumber air bersih, pembangunan sekolah di level komunitas dapat meningkatkan kesejahteraan komunitas lokal secara efektif. Proyek skala kecil ini akan efektif jika memberdayakan masyarakat dengan “pendekatan berbasis masyarakat”. Kami berterima kasih kepada Pemerintah Jepang untuk dukungannya bagi pembangunan pedesaan melalui “pendekatan masyarakat”.

sumber : https://www.id.emb-japan.go.jp/oda/id/topics_200807.html

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *