Pengenalan Energi Terbarukan
Energi terbarukan menjadi pembahasan penting bagi sebagian orang karena dianggap kunci permasalahan perubahan iklim dan mampu meminimalisir dampak negatif dari penggunaan energi konvensional yang berasal dari bahan bakar fosil.
Energi terbarukan menjadi solusi yang paling efektif yang bisa dijangkau oleh ilmu pengetahuan saat ini.
Namun di balik pentingnya penggunaan energi terbarukan, masih banyak pihak yang ragu bahkan menolak untuk beralih dari energi konvensional.
Tentunya banyak hal yang menjadi penyebab mengapa banyak orang lebih memilih bahan bakar konvensional seperti lebih murah, lebih mudah didapat dan teknologi pendukung yang sudah lebih mapan.
Hal yang lebih mendasar adalah belum terbentuknya kesadaran akan pentingnya penggunaan energi terbarukan bagi kelestarian lingkungan dan juga kemandirian energi.
Dengan munculnya era digital saat ini, dimana saluran komunikasi terbuka lebar bisa menjadi peluang kampanye energi terbarukan.
baca juga : PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI ERA DIGITAL
Pentingnya Kampanye Energi Terbarukan
Dengan meningkatnya kebutuhan dan konsumsi energi di seluruh dunia, tentunya juga harus diikuti dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang manfaat serta pentingnya menggunakan energi terbarukan daripada energi fosil.
Kampenye tentang penggunaan energi terbarukan punya peran yang sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat dan pentingnya penggunaan energi terbarukan.
Kampanye energi terbarukan dapat mengubah mindset dan juga perilaku masyarakat tentang penggunaan energi sehari-hari.
Harapannya dengan perubahan mindset masyarakat diikuti juga dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengggunakan energi terbarukan daripada energi fosil.
Strategi dalam Kampanye Energi Terbarukan
Dalam kampanye penggunaan energi terbarukan, pemilihan strategi yang tepat mempunyai peran yang sangat penting.
Penggunaan media konvensional seperti iklan televisi, koran, majalah dan baliho masih menjadi saluran promosi yang efektif untuk menjangkau audiens.
Namun dengan lahirnya era digital saluran promosi yang digunakan juga harus mencakup platform online seperti website maupun media sosial seperti instagram, tiktok, X (twitter) maupun sarana digital lainnya.
baca juga : SUMBER ENERGI ALTERNATIF DARI SAMPAH
Dengan memanfaatkan platform online akan tersedia potensi besar dalam menyebarkan informasi tentang penggunaan serta manfaat energi terbarukan.
Website, blog, dan media sosial menjadi sarana yang sangat efektif untuk mencapai audiens yang mencapai 220 juta orang pengguna internet di Indonesia.
Dengan memanfaatkan berbagai platform online, kampanye energi terbarukan bisa lebih banyak menjangkau audiens sehingga diharapkan lebih banyak yang sadar akan pentingnya penggunaan energi terbarukan.
Kolaborasi dengan Media Sosial dalam Kampanye Energi Terbarukan
Media sosial adalah medium yang sangat potensial untuk digunakan dalam kampanye energi terbarukan di era serba digital seperti saat ini.
Platform media sosial seringkali mampu menciptakan tren-tren yang diikuti oleh jutaan audiens.
Tentu saja, tren-tren tersebut tidak terlahir secara alami.
Perlu agenda setting untuk terlahir tren penggunaan energi terbarukan. Kampanye energi terbarukan dapat dilakukan dengan berkolaborasi dengan influencer atau Key Opinion Leader (KOL).
Dengan adanya kolaborasi penyebaran informasi akan lebih cepat dan efektif sehingga kesadaran bersama akan penggunaan energi terbarukan bisa terbentuk.
baca juga : MENJADI MAKNA BARU DALAM KARIR DAN KEBERHASILAN MELALUI BERKONTRIBUSI DI BISNIS SOSIAL
Tantangan dalam Menyelenggarakan Kampanye Energi Terbarukan di Era Digital
Walapun berpotensi besar, era digital juga mempunyai tantangan yang harus dihadapi untuk dapat dilakukannya kampanye energi terbarukan.
Salah satunya adalah belum terbangunnya ekosistem yang saling terhubung pada energi terbarukan. Hal ini wajar dikarenakan energi konvensional sendiri telah menjadi penggerak ekonomi di seluruh dunia dalam kurun waktu 100 tahun terakhir.
Setiap negara berlomba-lomba membangun infrastuktur dari hulu sampai hilir untuk memanfaatkan sumber energi untuk membangun ekonomi sebesar-besarnya.
Sehingga ekosistem untuk energi terbarukan belum bisa dibandingkan dengan ekosistem energi konvensional.
Inilah tantangan besar yang harus dihadapi saat menyelenggarakan kampanye energi terbarukan yang harus dihadapi bersama.
Memastikan Keberlanjutan Kampanye Energi Terbarukan
Supaya kampanye ini dapat berhasil, sustainability adalah faktor utama. Peran serta dari semua stakeholder baik pemerintah dan swasta, partisipasi masyarakat secara luas juga sangat penting.
Penyebaran informasi terus-menerus tentang energi terbarukan harus dilakukan sehingga terbentuk kesadaran dan pemahaman kolektif.
Merubah sesuatu yang terbentuk selama lebih dari 100 tahun memang tidak mudah namun menyerah bukanlah pilihan bagi kita.
Karena hal ini menyangkut hidup dan mati lingkungan bumi yang kita tinggali yang berarti juga menyangkut masa depan peradaban manusia.
Kesimpulan
Penggunaan energi terbarukan adalah satu-satunya jalan untuk menjaga lingkungan dan meminimalisir dampak perubahan iklim yang saat ini sudah kita rasakan.
Dengan memanfaatkan platform online seperti media sosial, website, aplikasi maupun media lainnya kampanye energi terbarukan bisa menjangkau audiens yang lebih luas sehingga diharapkan terbangunnya kesadaran dan pemahaman kolektif penggunaan energi terbarukan.